Wednesday, April 3, 2013

Web Sciense



Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Web Science. Mulai dari pengertian, sejarah, jenisnya, dan lain-lain.



1. Pengertian Web Science
            Web Science terdiri dari dua kata yang dapat kita artikan, yaitu web atau website yang berarti sebuah halaman yang berisi informasi dengan berbagai jenis seperti teks, gambar, video, dll. Sedangkan science yang berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan merupakan sebuah ilmu pasti. Jadi dapat kita simpulkan bahwa web sceince adalah sebuah halaman yang berisi berbagai ilmu pengetahuan yang dapat diakses pada dunia maya, sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mencari informasi.


2. Sejarah web
            Penemu situs web (website) adalah Tim Berners-Lee. Situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Tim bermaksud untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat kerjanya dan kemudia ia membangun suatu sistem yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
            WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

3. Web 1.0, 2.0, 3.0
            Web 1.0 merupakan teknologi web yang pertama, dikembangkan sebagai pengaksesan informasi serta memiliki sifat yang sedikit interaktif dibanding dengan versi selanjutnya, jadi secara garis besar, web 1.0 hanyalah bersifat read. Kita sebagai pengguna internet hanya bisa membaca apa yang ada di dalam website tersebut.
            Web 2.0 muncul yang merupakan revolusi bisnis di industri yang disebabkan penggunaan internet sebagai platform dan merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru. Secara garis besar, web 2.0 bersifat read-write. Jadi, pada era web 2.0 ini pengguna internet terutama pada website tidak terpaku hanya ingin menulis untuk orang lain atas namanya sendiri, tetapi digunakan untuk saling berbagi ilmu atau yang lainnya sehingga dapat terbentuk suatu komunitas secara online dan tidak bersifat indivudual.
            Web 3.0 adalah revolusi web pada saat ini, atau disebut juga sebagai semantic web, dimana hubungan dunia TI dan telekomunikasi sangatlah dekat. Web 3.0 juga membutuhkan kecepatan internet yang memadai dan spesifikasi komputer yang lebih baik karena kebutuhan akan grafis atau tampilan yang ada pada web 3.0, yaitu visual yang berbasis 3D. web 3.0 ini masih dalam pengembangan, dan saat ini dikembangkan oleh secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.

4. Arsitektur Web dan Aplikasinya
            Arsitektur website merupakan suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang melibatkan teknis, kriteria, estetis, dan fungsional. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web.
             Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi. Saat ini banyak aplikasi web yang dapat digunakan seperti :
Struts, yaitu Frame Work Open Source yang di pakai untuk membangun aplikasi berbasis Web, yang sudah terinstregasi dengan standard technologi seperti Servlet, Java Beans dan Java Server Pages.
CodeIgniter, merupakan Web Application framework dengan bahasa pemrograman PHP yang dikembangkan oleh EllisLab.


5. Instruksi Pengelola Internet atau Web
            Dalam mengelola dunia internet seperti web, pasti membutuhkan suatu komponen-komponen untuk mengelolanya. Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah :
  • Domain Name : alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain digunakan untuk menemukan situs pada dunia internet. Sering disebut juga dengan url. Ada dua macam url, yaitu generic domains dan country specific domains
  • Hosting : sebuah ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data yang akan ditampilkan pada suatu situs. Hosting diperoleh dengan cara menyewa, dan lama penyewaanya dihitung per-tahun.
  • Bahasa pemrograan : bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs saat sedang diakses. Berbagai bahasa pemrograman diantaranya adalah html, php, java script, dll.
  • Design : sebuah tampilan yang menentukan kualitas dan keindahan dari suatu situs. Design juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan setelah penyewaan domain dan hosting.
  • HTTP : hypertext transfer protocol adalah suatu protokol yang digunakan oleh WWW. httpmendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirmkan dari server ke client.
  • WWW : layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat.
  • Publikasi : kefektifan suatu situs tergantung dari banyaknya pengunjung dan komentar yang masuk, sehingga perlu adanya publikasi kepada masyarakat.
  • Pemeliharaan : pemerliharaan dibedakan menjadi dua, yaitu pemeliharaan rutin yang biasany dipakai oleh situs-situs berita dan pemeliharaan periodik seperti situs pribadi, e-commerce, dll.


Permasalahan yang terjadi dalam mengelola web
  • Mendaftarkan Web institusi dengan domain dan atau hosting
  • Membuat tapi tidak merawat
  • Tidak mengenalkan website kepada kepada Publik
  • Menggunakan CMS tapi tidak meng Update
  • Tidak menyediakan Form kontak atau Form Kontak tidak berfungsi.
  • Terlalu membiarkan form bebas tanpa Moderasi (Buku Tamu, Komentar, dll)
  • Menulis Email kontak di Web secara Full
  • Menyerahkan semuanya pada seseorang, termasuk pengeloaan domain website.
  • Punya Domain Website tetapi tidak menggunakan Email dengan Domain Institusi untuk Komunikasi Resmi.
  • Di beri masukan tetapi tidak merespon. 




6. Aspek Hukum dan Etika pada Internet
             Terdapat dua hal aspek hukum pada penggunaan internet, yaitu infrastruktur dan konten. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan di bidang infrastruktur, yakni peraturan hukum tentang telekomunikasi dan penyiaran serta ketentuan tentang frekuensi radio dan orbit satelit. Sementara itu pada bagian konten (materi), pemerintah telah mengeluarkan banyak peraturan yang berhubungan dengan pemanfaatan internet sebagai media informasi.
             Dalam menggunakan internet juga perlu memperhatikan etika. Seperti pada forum-forum yang bersifat umum. Pentingnya Etika Dalam menggunakan Internet adalah sebagai berikut:
  •  Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
  • Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi
  • Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
  • Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya penghuni baru didunia maya tersebut.


Berikut ini adalah etika dalam menggunakan internet :
  •  Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
  • Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
  • Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
  • Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
  • Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
  • Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
  • Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
  • Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
  • Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
  • Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendri.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web
http://rizkipriharto.blogspot.com/
http://belajarintoday.blogspot.com
http://safemode.web.id/

No comments:

Post a Comment