Monday, April 22, 2013

Social Network - Facebook


Social Network atau sering disebut juga dengan social media di jaman sekarang memang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Salah satu social network yang mendunia adalah Facebook. Facebook sangat fenomenal, memberikan berbagai fitur yang membuat pengguna betah berlama-lama bermain dengannya. Untuk itu, alangkah baiknya kita sebagai pengguna setia facebook tidak hanya menggunakannya saja, tapi juga mengenal lebih dalam facebook itu sendiri.


1. Sejarah Facebook
        Facebook diciptakan oleh mahasiswa drop-out dari Universitas Harvard bernama Mark Zuckerberg. Mulanya facebook digunakan hanya untuk mahasiswa di Harvard sehingga hanya pengguna alamat email Harvard yang dapat bergabung dengan jaringan facebook. Melihat perkembangan facebook yang sangat pesat, investor mulai berani menginvestasikan uangnya pada proyek yang dianggap mempunyai masa depan yang cerah ini. Pada akhir tahun 2004, akhirnya Mark Zuckerberg bersama dengan teman-temannya pindah dari Harvard setelah mendapatkan investasi dari beberapa investor. Dan akhirnya pada 26 September 2006 Facebook mulai terbuka untuk semua orang yang memiliki alamat email. Kini facebook merupakan situs jejaring sosial atau situs pertemanan yang paling ramai dikunjungi.Pengguna facebook bertambah sangat pesat sehingga pada September 2012 dinyatakan bahwa pengguna aktif facebook sekitar 1 miliyar, dan separuhnya mengakses menggunakan telepon genggam.



2. Konsep
        Facebook merupakan jejaring sosial yang memiliki konsep dimana pengguna dapat membuat profil diri sendiri, dengan menambahkan foto atau video, daftar ketertarikan pribadi, info kontak, dan lain-lain. Karena facebook dibuat sebagai media sosial, maka terdapat fitur dimana kita bisa melakukan pertemanan dengan pengguna facebook yang lainnya.
        Trend penggunaan facebook sebagai media jejaring sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan membagikannya dengan pengguna lain (yang disebut friends) melaui fitur update status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what’s on your mind” yang nantinya akan tampil pada home atau beranda. Facebook juga dilengkapi  fitur pesan pribadi (fitur message)  atau umum (disebut dengan wall to wall)  dan fitur obrolan (chating). Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan”. Selain itu, kini facebook menambah fitur game online.


3. Teknologi
   Facebook menggunakan berbagai layanan, peralatan, dan bahasa pemrograman untuk membuat infrastruktur inti. Pada ujung depan, server mereka menjalankan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) stack dengan Memcache, namun telah memperluas operasinya dan memasukkan banyak unsur-unsur lainnya dan memodifikasinya.
Linux & Apache
        Bagian ini cukup jelas. Linux adalah Unix seperti kernel sistem operasi komputer. Open source, mudah disesuaikan, dan baik untuk keamanan. Facebook menjalankan sistem operasi Linux di Apache HTTP Server. Apache juga open source gratis dan merupakan web server yang paling populer di gunakan.
MySQL
    Untuk database, Facebook menggunakan MySQL karena kecepatan dan kehandalan. MySQL digunakan terutama sebagai penyimpan nilai kunci sebagai data secara acak didistribusikan diantara set besar kasus logis. Contoh-contoh logis tersebar di seluruh node fisik dan load balancing yang dilakukan di tingkat simpul fisik.
PHP
        Facebook menggunakan PHP karena itu adalah bahasa pemrograman web yang baik dengan dukungan luas dan komunitas pengembang yang aktif dan hal ini baik untuk iterasi yang cepat. PHP adalah bahasa pemrograman script yang dinamis.
Memchaced
       Memcached sudah menjadi suatu bagian penting dalam dunia internet saat ini. Ini adalah sistem caching memori terdistribusi yang facebook gunakan sebagai sistem caching antara web server dan database server mereka. Selama bertahun-tahun facebook telah mengoptimalkan memchaced untuk (lagi-lagi) keperluan mereka.Facebook telah mempunyai ratusan Memcached server dengan jumlah data yang telah di cache sebesar 10 Terabytes pada waktu satu waktu (kemungkinan ini adalah instalasi memcached terbesar didunia).
HipHop for PHP
       PHP adalah scripting language, relatif lebih lambat jika dibandingkan dengan native language seperti C++. Hiphop mengubah kode PHP ke C++ yang kemudian dikompilasi untuk meningkatkan performa.Sebuah tim kecil di Facebook menghabiskan waktu 18 bulan HANYA untuk mengembangkan Hiphop yang mereka klaim bisa mereduksi CPU usage hingga 50%, dan sekarang telah di rilis ke public.

4. Kelebihan dan Kekurangan
       Sebuah benda baik benda mati ataupun benda hidup pasti memiliki kelebihan dan keurangan, begitu juga dengan suatu social network. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda dengan adanya facebook di lingkungan masyarakat dunia saat ini. Menurut saya, antara kelebihan dan kekurangan facebook memiliki presentase yang sama. Kelebihan facebook diantaranya yaitu :
- Sebagai media pertemanan
       Salah satu fitur yang ada pada facebook adalah friends. Friends atau pertemanan ini dapat berguna bila kita ingin berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh ataupun didekat kita tanpa harus bertatap muka. Namun kini facebook menambahkan fitur video call yang dapat digunakan user untuk bertatap muka dengan teman chatingnya.
- Sebagai media untuk mengekspresikan diri
    Facebook menyediakan fitur koleksi foto. Kita dapat mengupload foto kita, asalkan kita menggunakannya dengan baik. Kita dapat mengekspresikan diri dan berbagi dengan teman facebook kita
- Sebagai media informasi
       Seringkali media sosial seperti facebook lebih banyak digunakan sebagai media pemberi informasi tercepat dibandingkan televisi. Masyarakat akan menulis kegiatan atau kejadian yang terjadi saat itu sehingga menjadi berita yang up to date dan dapat dilihat langsung oleh teman-temannya. Contohnya jika terjadi bencana, masyarakat yang tahu lebih cenderung mengupdate status di facebook sehingga memberikan informasi kepada orang-orang yang online dan tidak sedang melihat berita di televisi.
- Sebagai media hiburan
       Selain untuk media pertemanan dal lain-lain, kini facebook juga menyediakan game online. Banyak game yang digemari users karena permainannya yang menarik dan kita juga dapat bermain bersama teman-teman facebooknya.

Sedangkan kelemahan dari facebook menurut sundung pandang saya adalah :
- Kurangnya keamanan akun facebook
       Tidak sedikit facebook seseorang di hack. Salah satu caranya yaitu hacker mencoba untuk memaksa login ke akun tertentu kemudian menggunakan fitur forget password atau change email address.
 Penyalahgunaan facebook
       Segala sesuatu akan berguna jika kita menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Namun ada saja user yang menyalahgunakan facebook. Seringkali muncul diberita mengenai penculikan yang terjadi karena percakapan dengan seseorang melalui facebook. Selain kasus penculikan, ada juga user yang mengupload foto-foto yang tidak senonoh.


5. Keamanan
       Dikarenakan banyak pengguna facebook yang mengeluh karena facebook mereka di hack atau digunakan oleh orang lain, maka facebook kini menggunakan 2 lapis pengaman. Maksud dari 2 lapis pengaman ini adalah user harus login menggunakan username dan password yang benar. Setelah berhasil login, akan ada pemberitahuan ke nomor handphone user bahwa akun facebooknya telah diakses. Dengan begitu, pemilik akun akan tahu jika ada seseorang yang mengakses facebooknya selain dirinya.


6. Pemanfaatan dan Pengembangan Masa Depan
       Menurut saya facebook saat ini sudah baik, karena selalu melakukan perubahan dari waktu ke waktu. Misalnya saat ini menambahkan kronologi yang ada pada profil seseorang sedangkan dulu tidak ada. Selain itu, fitur-fitur yang ada pada facebook juga sudah banyak dan digemari oleh user dibandingkan dengan social network yang lainnya. Pengembangan terhadap social network ini memang perlu dilakukan, agar user dapat menggunakannya terus tanpa adanya rasa bosan. Alangkah baiknya jika pengamanan terhadap akun facebook lebih ditingkatkan lagi, karena walaupun sudah menggunakan 2 lapis pengaman ternyata masih saja ada akun facebook yang bukan diakses oleh pemiliknya. 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://ribunni.wordpress.com/2012/03/09/ulasan-tentang-facebook/#more-339

No comments:

Post a Comment