Saturday, June 23, 2012

IBD 6


NAMA      : INDRI MULIASARI
NPM         : 53411619
KELAS     : 1IA12
ILMU BUDAYA DASAR
UNIVERSITAS GUNADARMA

EMPAL GENTONG

          Indonesia terkenal dengan makanannya yang kaya akan rempah-rempah. Kali ini saya akan memperkenalkan salah satu makanan khas dari suatu kota di Indonesia. Kota yang saya maksudkan adalah Cirebon, yang terkenal dengan sebutan kota udang. Tapi kali ini saya tidak membahas tentang kota tersebut, melainkan adalah salah satu makanan khasnya yang sangat  terkenal, yaitu empal gentong.
          Empal gentong merupakan makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) yang biasa kita makan. Namun yang membedakan empal gentong dengan gulai yang lainnya adalah alat untuk memasaknya menggunakan kayu bakar yang berasal dari pohon mangga, dan menggunakan gentong atau periuk tanah liat sebagai wadahnya. Karena proses memasaknya yang menggunakan gentong maka jadilah makanan ini dinamakan empal gentong. Nama empal sendiri berasal dari bahan utamanya yaitu daging sapi dengan sedikit lemak, tidak hanya daging sapi saja yang digunakan, ada juga usus dan babat sapi, tergantung pesanan dari pembeli.
          Proses memasak yang menggunakan kayu bakar dan dimasak kurang lebih 5 jam akan menciptakan rasa dan tingkat keempukan daging. Sedangkan menggunakan gentong dari tanah liat berguna agar memberi sentuhan rasa sedap yang luar biasa karena kerak bumbu sudah mengendap di pori-pori tanah liatnya.
          Selain proses memasaknya yang unik, empal gentong juga memiliki keunikan yang lainnya. Yaitu disajikan dengan taburan bawang goreng dan daun kucai (Chlorella sorokiniana) yang sudah dipotong  kecil-kecil yang berguna sebagai penyedap sekaligus penetralisir lemak. Jika pembeli menyukai rasa pedas, bisa ditambahkan dengan sambal berupa cabai kering giling. Sambal ini cukup pedas karena merupakan saripati cabai merah kering yang ditumbuk. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau lontong.
          Saat ini penjual empal gentong sudah mulai mejelajahi ibu kota, sehingga membantu para penikmat makanan ini agar tidak jauh-jauh pergi ke kota asalnya di Cirebon. Berikut adalah contoh makanan empal gentong: 

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://budaya-indonesia.org/bwk/Empal-Gentong%3Ff%3D2730&imgrefurl=http://budaya-indonesia.org/bwk/Empal-Gentong&usg=__LDLexnLDh8_8XgD0XPffjS5q3s0=&h=375&w=500&sz=80&hl=id&start=2&sig2=4Ef-XBjHoglh7-pItGqA_g&zoom=1&tbnid=KbtCHT6taW09ZM:&tbnh=98&tbnw=130&ei=aWLlT4jVK4btrQfAtNH9CA&um=1&itbs=1

http://oleh2cirebon.wordpress.com/sejarah/resep-masakan-tradisional/empal-gentong/

No comments:

Post a Comment